KABAR BIREUEN – Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh menyalurkan syantah (paket) Ramadhan ke fakir miskin.

Kegiatan ini bertajuk ‘Ikat Menabur Sejuta Kebaikan’. 600 paket syantah Ramadhan yang disalurkan ke seluruh Kabupaten ini berasal dari sumbangan para lulusan perguruan tinggi dari negara negara di Timur Tengah. Terutama lulusan universitas tertua di dunia, Al Azhar Mesir, lembaga Hasane yang berdomisili di Jerman serta sumbangan para dermawan lainnya.

Ketua IKAT Aceh, teungku H. Muhammad Fadhil Rahmi, Lc menuturkan, syantah Ramadhan yang telah terkumpul di Banda Aceh lalu disalurkan oleh anggota IKAT di Kabupaten/Kota masing masing.

“Para penerima syantah Ramadhan ini memang orang yang benar benar membutuhkan, dari kalangan fakir dan miskin,” kata Fadhil Rahmi usai menyalurkan syantah ramadhan, salah satunya kepada Nek Ibah di Cot Lagasawa, Kecamatan Kuala, Jumat (23/6/2017) sore.

Nasril Lc, anggota IKAT yang berdomisi di Laweung, Pidie juga melakukan hal sama. Dia mengungkapkan ada keharuan yang sangat mendalam manakala memberi syantah kepada yang berhak menerimanya dari kalangan lansia fakir.

“Saat menyerahkan syantah pertama kepada salah seorang nenek, dengan sumringah ia terima dan mulutnya tak henti henti mendoakan mereka yang telah menderma hartanya,” kata Nasril yang juga merupakan pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Aceh. (Najib Zakaria)

BAGIKAN