KABAR BIREUEN – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa (LW), Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si, memimpin upacara pemberangkatan prajurit Yonif 113/Jaya Sakti (JS) dalam rangka mengikuti latihan pembentukan (Lattuk) Batalyon Raider di lapangan Mayonif 113/JS, Kamis (7/9/2017) kemarin.

Latihan tersebut dilaksanakan selama 81 hari di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus (Pusdik Passus) Batu Jajar. Keberangkatan mereka dipimpin langsung Komandan Batalyon (Danyon) 113/JS Letkol Inf Adhe Hansen, dengan membawa 750 prajuritnya.

Dalam amanatnya Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si, mengatakan, Batalyon Infanteri 113/JS ini akan dinaikkan status satu tingkat menjadi batalyon raider yang ada di wilayah Kodam IM ini. Kenaikan status tersebut telah dikaji secara mendalam dan konprehensif.

“Dengan terbentuknya Batalyon Infanteri 113/JS menjadi batalyon raider, bisa menambah kekuatan TNI, khususnya di wilayah Kodam IM. Ini akan bisa menjadi lebih solid dan tangguh untuk menghadapi tugas ke depan yang semakin berat,” sebut Agus Firman Yusmono.

Pada pelaksanaan latihan nanti, kata dia, prajurit akan melewati beberapa latihan. Diantaranya, tahap basis, hutan gunung, pendaratan laut dan rala suntai. Operasi khusus yang meliputi operasi raid penghancuran, raid pembebasan tawanan, operasi mobud, operasi lawan gerilya dan pertempuran jarak dekat di segala bentuk medan dan cuaca serta latihan pertempuran kota selama 81 hari secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, yang di berlandaskan perkembangan ancaman dan doktrin yang ada.

Agus Firman Yusmono mengharapkan kepada seluruh prajurit yang ikut dalam latihan pembentukan batalyon raider ini, agar pada saat pelaksanaan latihan para prajurit harus mengikutinya dengan tekun sesuai arahan pelatih.

“Jaga kesehatan dalam pelaksanaan latihan. Jaga faktor keamanan, ikuti aturan-aturan yang ada baik dari pelatih maupun siapa saja, karena itu kunci dalam mengikuti latihan,” harapnya.

Hadir dalam upacara tersebut antara lain, Sekda Bireuen Ir. Zulkifli, Sp, Ketua DPRK Bireuen Ridwan Muhammad, SE., M.Si, Dandim 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, Dandisjan jajaran Korem 011/LW, Para Kasi Korem 011/LW, Kapenrem 011/LW, Kapolres Bireuen yang diwakili Kapolsek Juli dan para undangan lainnya. (Suryadi)

 

BAGIKAN