KABAR BIREUEN – Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda (IM) Mayor Jenderal TNI Moch. Fachrudin, mengunjungi Makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsy atau Habib Bugak di Gampong Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Minggu (18/2/2018).

Kedatangan Pangdam IM di Komplek Makam Habib Bugak tersebut disambut Rektor Umuslim Bireuen, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, anggota DPR-RI dari Fraksi PPP, Drs H. Anwar Idris, anggota DPR Aceh, Said Dahlawi dan Rusyidi Mukhtar, anggota DPRK Bireuen dari Fraksi Partai Aceh dan sejumlah tokoh masyarakat Bugak.

Di hadapan Rektor Umuslim dan anggota DPR-RI, DPR Aceh, DPRK Bireuen serta tokoh masyarakat, Pangdam IM mengatakan dirinya mendapat informasi bahwa setiap jamaah haji asal Aceh mendapatkan uang sampai 3 ribu riyal perorang dari Baitul ‘Asyi yang diwakafkan oleh Habib Bugak.

Menurutnya, nama Habib Bugak tidak hanya tersohor di Aceh, namun juga sudah sampai ke manca negara. Selain itu, Pangdam IM juga mengungkapkan tujuannya mengunjungi makam pewakaf Baitul ‘Asyi di Mekkah ini.

“Kita akan melakukan Operasi Teritorial pada triwulan tiga tahun ini. Salah satu kegiatannya, pemugaran Komplek Makam Habib Bugak dan pembangunan jalan menuju makam sepanjang 300 meter. Besok saya akan melaporkan langsung kepada Panglima TNI tentang rencana ini,” ungkap Mayjen Moch. Fachrudin.

Rektor Umuslim, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si yang mewakili tokoh masyarakat setempat menyampaikan terima kasih kepada TNI, dalam hal ini Pangdam Iskandar Muda, karena telah memberikan perhatian untuk penataan komplek Makam Habib Bugak.

“Perlu kami laporkan kepada bapak Pangdam, bahwa masih banyak kebutuhan di sini, seperti musalla, listrik, pagar dan jalan akses ke makam. Alhamdulillah, dengan adanya program Karya Bakti TNI nanti akan sangat bermanfaat, sehingga kita akan selalu mengenang jasa Habib Bugak,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Makam Habib Bugak tersebut, Mayjen TNI Moch. Fachrudin didampingi Asisten Teritorial (Aster) Kodam IM Kolonel Inf Mahesa Fitriadi, Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, Kasandi Kodam IM Letkol Arm Adekson, dan Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Amrul Huda. (Rizanur)

BAGIKAN