KABAR BIREUEN – Ulama kharismatik Tgk H Mustafa H Ahmad yang akrab disapa Abu Paloh Gadeng dari Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, meresmikan Dayah Madinatud Diniyah Darul Huda Desa Ceureucok, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Minggu (18/3/2018).

Peresmian Dayah yang dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini, ditandai dengan acara peusijuek Pimpinan Dayah Tgk Khairuddin dan gedung dayah yang diresmikan tersebut.

Abu Paloh Gadeng dalam tausiahnya mengatakan, memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW untuk bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat bagi sekalian alam. Berselawat kepada nabi sangat dicintai Allah.

Dikatakannya, induk nikmat yang paling tinggi adalah memperingati hari kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sebagai khataman ambiya. Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul yang lebih tinggi dan afdhal dari nabi-nabi lain yang tidak menjadi rasul.

“Nikmat Iman dan nikmat Islam datangnya dari nabi. Sekarang iman dan Islam dari ulama. Mendekatkan diri dengan ulama, agar akidah iman dan ilmu Syari’at terpelihara secara benar,” papar Abu Paloh Gadeng.

Kehadiran Dayah Madinatud Dinyah Darul Huda pimpinan Tgk Khairuddin yang alumni Dayah Palong Gadeng untuk mengembangkan ilmu Islam bagi generasi Islam dan masyarakat Ceurucok khususnya dan Aceh umumnya.

Pimpinan Dayah Madinatud Diniyah Babul Huda Desa Ceurucok Kecamatan Simpang Mamplam Tgk Khairuddin kepada Kabar Bireuen menjelaskan, dayah yang diresmikan ini berawal dari Balai Pengajian di rumah yang didirikan pada tahun 2006 dan sekarang statusnya sudah ditingkatkan menjadi dayah.

“Dayah yang dibangun di atas tanah wakaf seluas 1000 meter bujur sangkar itu, sudah memiliki empat lokal belajar permanen. Dengan jumlah santri putra-putri sebanyak 80 orang tingkat Ibtidaiyah dan Tsanawiyah yang berasal dari desa Ceurucok Kecamatan Simpang Mamplam dan sekitarnya,” ujar Tgk Khairuddin.

Turut hadir unsur Muspika Kecamatan Simpang Mamplam, Kadis Syariat Islam Bireuen H. Jufliwan, SH, MM, Kadis Pendidikan Dayah Bireuen Said Abdurrahman, S.Sos, para alim ulama, para pimpinan dayah dalam Kabupaten Bireuen serta ribuan masyarakat Ceurucok. (Abu Iskandar)

 

BAGIKAN