KABAR BIREUEN – Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Banda Aceh melaksanakan seleksi Pasukan pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional, yang berlangsung di Aula Jeumpa Manheim SMK 3, Lhong, Jum’at (31/3/2017) kemarin.

Kegiatan itu diikuti 50 orang siswa dan siswi SMA sederajat akan berlangsung  hingga 6 April mendatang di Kantor Dispora setempat. Seleksi digelar untuk memilih satu siswa dan satu siswi yang akan mewakili Kota Banda Aceh pada seleksi Paskibraka Nasional di tingkat Provinsi Aceh.

Kadispora Kota Banda Aceh Hasbi dalam sambutannya saat pembukaan seleksi mengatakan, pelaksanaan seleksi Paskibraka digelar dengan tujuan untuk membina para siswa agar menjadi warga Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan setia kepada Negara RI.Kemudian para siswa juga diharapkan dapan mengamalkan Pancasila sebagai dasar Negara.

“Tujuan lainya, membina karakter kemandirian dan profesionalisme, meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan persatuan dan kesatuan mewujudkan persatuan serta jiwa pengabdian,” ungkap Hasbi.

Kata Hasbi, proses seleksi akan dilakukan mulai 31 Maret sampai dengan 6 April di lokasi Kantor Dispora Kota Banda Aceh dan akan dipilih satu siswa dan satu siswi untuk mewakili Banda Aceh ke Paskibraka Provinsi. “Saya berharap peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya agar nantinya terpilih mewakili Banda Aceh ke Paskibraka Provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Alta Zaini yang juga koordinator pelatih Paskibraka Provinsi Aceh menyampaikan para peserta selama enam hari akan di seleksi oleh tim. Kata Alta Zaini, ada beberapa kriteria yang harus diuji, yakni tes kesehatan, postur harus sesuai dengan ketentuan, Samapta, PBB, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Agama, Seni Budaya, Etika Kepribadian dan Pengetahuan Umum. [Rel]

BAGIKAN