pelatihan penguatan kapasitas pengurus karang taruna

KABAR BIREUEN – Sebanyak 23 pengurus Karang Taruna se-kabupaten/kota di Aceh dan 7 pengurus Provinsi Aceh mengikuti kegiatan penguatan kapasitas pengurus yang berlangsung di Banda Aceh, 12-14 November 2017.

Acara tersebut dibuka Kadis Sosial Aceh Drs. Alhudri, MM. Dalam sambutannya, dia mengharapkan, pengurus Karang Taruna agar dapat menggerakkan semua potensi generasi muda di gampong. Ini selaras dengan visi misi Pemerintah Aceh untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat

“Pasca konflik Aceh pertumbuhan karang taruna telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, harapan kami karang taruna dapat mewujudkan pertumbuhan anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, juga harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya permasalahan generasi muda.

“Kita harapkan kepada Karang Taruna yang sudah terbentuk, dapat berkembang dan mandiri dengan melahirkan berbagai program,” pesan Alhudri.

Sementara ketu panitia pelaksana, Isnandar, Aks, MSi, menyampaikan, tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus Karang Taruna dalam mengembangkan kapasitas.

Dia berharap, dengan pelatihan ini mampu mengelola manajemen organisasi secara profesional, kreatif, edukatif dan produktif.

“Forum ini juga diharapkan sebagai forum diskusi untuk.membicarakan proses terlaksananya Temu Karya Karang Taruna Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” jelas Isnandar yang juga Kabid Dayasos Dinsos Aceh itu.

Isnandar dalam laporannya menjelaskan, peserta sebanyak 30 orang terdiri dari pengurus karang taruna kabupaten/kota dan 7 dari pengurus Karang Taruna provinsi yang berlangsung selama dua hari.

Pada kesempatan tersebut, diserahkan piagam penghargaan bagi Karang Taruna berprestasi tingkat Provinsi Aceh 2017. (Ihkwati)

 

BAGIKAN