Dua puluh orang aparatur desa dari kampung lokasi penempatan mahasiswa KKM di Kecamatan Bebesen mendapat pelatihan pengunaan perangkat komputer dan internet

KABAR BIREUEN-Sebanyak dua puluh orang aparatur desa dari kampung lokasi penempatan mahasiswa KKM di Kecamatan Bebesen mendapat pelatihan  pengunaan perangkat komputer dan internet  oleh mahasiswa, bertempat di Aula Kantor Camat Bebesen, Aceh Tengah, Selasa (20/2/2018).

Koordinator Mahasisiswa KKM Kecamatan Bebesen, Di Muntazar menyampaikan,  program ini merupakan bagian dari empat program unggulan yang di rancang mahasiswa KKM di Kecamatan Bebesen.

“Niat dan program kami ini mendapat sambutan dari Camat Bebesen dan perangkat kampung,” kata Di Muntazar didampinggi Ketua Panitia, Ronny kurniawan.

Menurut Muntazar, materi pelatihan disampaikan  mahasiswa yang telah mendapat bimbingan dari para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sehingga pihaknya mencoba berbagi sedikit ilmu yang telah ada dengan aparatur  kampung.

“Tujuan kami melakukan pelatihan ini, karena kami melihat masih ada  perangkat kampung yang masih belum begitu mahir menggunakan beberapa aplikasi program komputer. Padahal aplikasi tersebut sangat dibutuhkan dalam proses surat menyurat dan pelaporan bagi perangkat kampung,” jelasnya.

Camat Bebesen, Mahlia, SE. MM  mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKM.

“Ini sangat bermamfaat,  saya  berterimakasih kepada mahasiswa, saya paham masih banyak sekali kampung yang belum mempunyai operator desa. Masih awam  berbagai aplikasi komputer, khususnya di kecamatan bebesen, saya sangat mendukung jika kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilanjutkan,” ungkap Camat Mahlia.

Secara terpisah, Koordinator DPL KKM Umuslim, Zulkifli,M.Kom, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan dan masyarakat atas partisipasi, dukungan dan keiklasan dalam menerima dan mendukung kehadiran mahasiswa KKM di daerahnya.

“Kami bersyukur atas terlaksananya berbagai program yang dilaksanakan  mahasiswa KKM di kecamatan bebesen aceh tengah, ini tentunya berkat bantuan dan dukungan masyarakat di sini,” sebut Zulkifli.

Menurut Zulkifli, selain pelatihan Komputer, ada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan mahasiswa  tingkat kecamatan selama melaksanakan KKM.

Seperti, Pekan kreativitas Anak (PKA),  pelatihan public speaking bagi pelajar dan merintis internet desa di salah satu desa yang belum ada internet, sosialaisasi penangulangan bencana, selain itu mereka juga melaksanakan program mandiri dan kelompok di kampung masing-masing. (Ihkwati)

BAGIKAN