KABAR BIREUEN – Sebanyak 150 calon haji (calhaj) Kabupaten Bireuen berasal dari Kecamatan Kota Juang, Jeumpa, Juli, Kuala, sebagian Peusangan dan Peudada, mengikuti bimbingan manasik haji mandiri di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Minggu (8/4/2018).

Manasik haji tersebut dibimbing Tgk H Jamaluddin Idris, Wakil Ketua MPU Bireuen yang juga Imam Besar Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen.

Tgk H Jamaluddin Idris dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen, menjelaskan, bimbingan manasik haji dan umrah sebanyak 150 calhaj. Sebagian dari calhaj Kabupaten Bireuen yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2018, dilaksanakan secara mandiri oleh para calhaj.

Dikatakannya, bimbingan manasik haji dan umrah tersebut, memang dilaksanakan lebih awal. Ini sambil menunggu bimbingan manasik haji dan umrah calhaj Kabupaten Bireuen yang diselenggarakan Kantor Kemenag Bireuen. Hal itu, atas permintaan para calhaj untuk pemantapan pelaksanaan rukum haji dan umrah di tanah suci nanti.

“Bimbingan manasik haji dan umrah bagi 150 calon haji ini,  berasal dari enam kecamatan, yaitu Kota Juang, Jeumpa, Juli, Kuala, sebagian Peusangan dan Peudada. Mereka akan mengikuti bimbingan teori dan praktek manasik rukun haji dan umrah sebanyak 23 kali pertemuan,” sebut Tgk Jamaluddin Idris.

Menurut mantan Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Bireuen ini, bimbingan teori dan praktek manasik rukun haji serta umrah tersebut sudah dilaksanakan para calhaj sebanyak 15 kali pertemuan. Nanti akan dilanjutkan delapan kali pertemuan lagi tentang praktek rukun haji dan umrah. (Abu Iskandar)

BAGIKAN